Lancarklik

rss

Selasa, 30 November 2010

Luar angkasa - Matahari dan 8 Pengiringnya

- Matahari
   Sebenarnya matahari adalah bintang, yaitu benda yang bercahaya, cahaya matahari berasal dari intinya, Setiap detik, 4 juta ton hidrogen berubah menjadi helium dan energi, jika kalian tahu hidrogen di matahari sangat mencukupi untuk membuat matahari masih akan terus bersinar sampai 5miliar tahun lagi, Menakjubkan !

- Merkurius
   Merkurius adalah planet terdekat dari matahari. sisi yang menghadap matahari amatlah panas, namun sisi yang tidak menghadap matahari amatlah dingin, Merkurius tidak mempunyai bulan, kecepatan planet dalam mengelilingi matahari membuatnya dinamakan Merkurius, Dewa Pembawa Pesan Yunani.

- Venus
   Venus adalah nama Dewi Kecantikan Yunani, planet venus memang tampak paling cemerlang kalau dilihat dari bumi, Venus memiliki atmosfer yang memerangkap panas yang dikeluarkan matahari, ini mebuat Venus menjadi planet terpanas di tata surya, seperti Merkurius, Venus tidak memiliki bulan.

- Bumi
   Tentu planet yang sangat tidak asing bagi kita, disini terdapat komponen utama yang menunjang adanya kehidupan yaitu, oksigen, air dan makanan, setiap tahunnya bumi selalu berubah karena banyaknya pergeseran lempeng yang terjadi di dalam bumi, Bumi yang awalnya dibentuk dari awan gas dan debu sekitar 4,5miliar tahun yang lalu, kini telah menjadi tempat lahir jutaan aneka ragam kehidupan.

- Mars
   Nah, planet yang banyak menyimpan misteri kehidupan, dikabarkan dulu di palent ini pernah mengalir air di sebuah sungai, mineral-mineral yang kemungkinan besar dihasilkan oleh makhluk hidup, ada juga fosil-fosil yang dikira adalah fosil makhluk purba. Misteri kehidupan planet mars sampai saat kini belum terpecahkan. Mars mempunya 2 bulan yang sangat berbeda, yaitu  Phobos adalah bulan yang orbitnya sangat cepat ke arah timur lalu terbit lagi setelah 11 jam kemudian, terbalik dengan bulan Deimos yang sangat lambat, Lama orbitnya perlu 30 jam untuk kembali di posisi semula., Nmama Mars diambil dari nama Dewa Perang Yunani pada saat itu,

- Saturnus
   Dari kesembilan planet tata surya, planet inilah yang menurut saya paling indah karena cincinnya, Saturnus memang planet terbesar kedua setelah Jupiter, namun kekurangan Saturnus adalah gerak orbit Saturnus sangat lamban, sehingga ia diberi nama ayah Dewa Jupiter, Saturnus, Planet ini mempunyai 18 bulan.

- Jupiter
   Besarnya 1,400 kali bumi !, planet ini tidak mempunyai permukaan yang padat, ini adalah planet gas, Nama Jupiter diambil dari nama Dewa Tertinggi Yunani yaitu Zeus yang oleh orang romawi disebut Jupiter, Jupiter memiliki 39 bulan. 4 bulan terbesarnya adalah Callisto, Io, Ganymede dan Europa

- Uranus
   Kalu plent lain di tata surya berputar pada poros yang tegak lurus, Uranus berbeda, ia mendatar, sehingga kalau sedang dijajar dengan planet lain, Uranus tampak miring, Planet gas yang memiliki 17 bulan ini diberi nama kakek dari Jupiter dalam mitologi Yunani, yaitu Uranus

- Neptunus
   Planet ini sangat dingin yang ditutupi oleh awan yang tebal, Angin di Neptunus terkencang di tata surya, kecepatannya mencapai 1.120 km/jam. Neptunus deberi nama dewa Laut Yunani. Karena dugaan bahwa planet ini sebagian terdiri dari cairan. Neptunus memiliki 8 bulan

Itulah Matahari dan 8 pengiringnya :)                  

0 komentar:


Posting Komentar

Saya mengharapkan bantuan dari anda semua untuk memajukan blog ini, walaupun cuma sepatah kata untuk berkomentar, sempatkan lah, karena komentar anda begitu berharga bagi blog saya..

Saya akan coba membalas komentar anda bagi anda yang telah berkomentar di blog saya.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Labels

 

About Me

Foto Saya
Ghiyatsableng
Simple boy with big determination. Pengagum Sang Biru atas dan bawah.. Respect for the power of Laugh.
Lihat profil lengkapku