Lancarklik

rss

Sabtu, 06 November 2010

Sejarah Tentang Menara Eiffel

     Menara Eiffel memecahkan rekor bangunan tertinggi pada abad 19, monumen ini setinggi 2 kalinya dari Monumen di Washington DC yang hanya setinggi 169 meter !, monumen 300 meter ini diarsitekturkan oleh Alexandre Gustav Eiffel pada tahun 1887, tepatnya 8 Januari 1887, Berat Menara Eiffel adalah 9.000 ton, untuk menyatukan rangka besi dibutuhkan lebih dari 2,5 juta paku . Pondasi Menara dibangun diatas batu tembok seluas 2,5meter, dan terdapat 4 buah lift yang mengantar wisatawan naik ke anjungan yang dioperasikan oleh tenagan Hidrolik .

     Tahap pembangunan Menara Eiffel :
- Pondasi Menara, Dimulai bulan Januari 1887, selesai bulan Juni 1887
- Konstruksi 4 kaki, mulai Juni 1887,
- Anjungan pertama, dimulai 7 April 1888 dan selesai pada bulan yang sama
- Anjungan kedua, dibangun sekitar bulan Agustus 1888
- Pada 15 Maret 1889 Menara Eiffel telah dibuka
- Direnovasi dengan menambahkan anjungan ketiga dan selesai pada bulan Mei 1889

     Konstruksi Menara Eiffel sangan menakjubkan, Menara ini dibuat tahan angin, hal ini terbukti ketika angin topan berkekuatan 160km per jam di tahun 1977 dan Menara Eiffel hanya bergoyang 15sentimeter, dan yang tadinya menara Eiffel didesain dapat bertahan selama 20 tahun, ternyata telah bertahan selama lebih dari 120 tahun !

     Alexandre Gustav Eiffel ( 1832-1923) adalah seorang insinyur ahli bangunan besi tempa, sebelum membangun Menara Eiffel, ia telah membangun banyak jembatan, kubah dan atap bangunan di seluruh dunia dengan menggunakan besi dan baja , Bangunan terkenal yang juga dirancangnya adalah Patung Liberty, Amerika Serikat. Karena kehebatannya ia dijuluki Ahli Sulap Besi.
:)

0 komentar:


Posting Komentar

Saya mengharapkan bantuan dari anda semua untuk memajukan blog ini, walaupun cuma sepatah kata untuk berkomentar, sempatkan lah, karena komentar anda begitu berharga bagi blog saya..

Saya akan coba membalas komentar anda bagi anda yang telah berkomentar di blog saya.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Labels

 

About Me

Foto Saya
Ghiyatsableng
Simple boy with big determination. Pengagum Sang Biru atas dan bawah.. Respect for the power of Laugh.
Lihat profil lengkapku