Lancarklik

rss

Jumat, 05 November 2010

Sejarah tentang Tembok Besar Cina

Rakyat Cina menjulukinya dunding 10.000 Li. Tidak hanya menggambarkan panjangnya tapi juga lama pembuatannya, Berawal dari tembok pertahanan yang dibangun negara Chu di tahun 656 SM, hingga jaman pemerintahan Dinasti Ming, kurang lebih 2.700 tahun kemudian . Di masa Dinasti Ming, Tembok Besar Chinan membentang sepanjang 6.350km, Mulai dari Shanhaiguan di sebelah timur melewati perbatasan Cina dan Maanchuria, hingga Lop Nur, di sebelah tenggara daerah otonomi Xinjiang Uygur, Bagai seekor naga yang siap menghadang musuh .

Tembok Besar Cina berdiri diatas lereng setinggi 3,7m. Tinggi temboknya rata-rata 7,6m. Lebarnya antara 4,6m-9,1m, disini terdapat juga Menara Penjaga berfungsi sebagai pusat pemerintahan perbatasan, terdapat pula bagian -bagian yang unik dan indah seperti Tangga dan jalan masuk, Jalan penghubung dll.

Sepanjang sejarah, Tembok Besar China selalu dihubungkan dengan kaisar pertama China, Qin Shihuang (221SM-207SM), setelah mempersatukan seluruh daratan, ia mencurahkan segenap upaya untuk melindungi Cina, Ia mengerahkan lebih dari 300.000 orang untuk melakukan kerja paksa membangun Tembok Besar dari Linzhao hinggal Liodong, puluhan ribu orang menjadi korban, Namun berkat dirinya Tembok Besar bisa dibangun.

Memang Tembok besar Cina begitu kokoh, sayangnya tembok itu tak sanggup menahan musuh dari dalam. Salah seorang komandan pertahanan Tembok Besar, Jenderal Wu Sangui dengan sengaja membiarkan balatentara melewati gerbang utama Shanhaiguan tanpa perlawanan . Kekuasaaan Dinasti ming selama hampir 300tahun pun berakhir hanya dalam waktu 3 hari !

4 komentar:

Filla M Khadifah on 5 November 2010 pukul 21.49 mengatakan...

diih, pantes minjem ensiklopedia gue.. :D

Ghiyatsableng on 6 November 2010 pukul 02.39 mengatakan...

Gakpapa biar wawasan lebih luas Fil

bunggsu on 28 April 2011 pukul 09.11 mengatakan...

wachh...bertambah lagi ni wawasan gue berkat berkunjung ke blog ni...
salam kunjungan,,,
kembali..

Ghiyatsableng on 29 April 2011 pukul 00.22 mengatakan...

@bungsu : makasih mas, semoga artikel disini selalu bermanfaat


Posting Komentar

Saya mengharapkan bantuan dari anda semua untuk memajukan blog ini, walaupun cuma sepatah kata untuk berkomentar, sempatkan lah, karena komentar anda begitu berharga bagi blog saya..

Saya akan coba membalas komentar anda bagi anda yang telah berkomentar di blog saya.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Labels

 

About Me

Foto Saya
Ghiyatsableng
Simple boy with big determination. Pengagum Sang Biru atas dan bawah.. Respect for the power of Laugh.
Lihat profil lengkapku